Kumpulan Do’a Sehari-hari

Kumpulan Do’a Sehari-hari

1. Do’a sebelum makan:
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺑﺎﺭﻙ ﻟﻨﺎ ﻓﻴﻤﺎ ﺭﺯﻗﺘﻨﺎ ﻭﻗﻨﺎ ﻋﺬﺍﺏ ﺍﻟﻨﺎﺭ
Ya Allah berilah berkah kepada kami
dari apa yang engkau beri rezeki pada
kami dan hindarkanlah kami dari azab
neraka.
Do,a sesudah makan:
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﻃﻌﻤﻨﺎ ﻭﺳﻘﺎﻧﺎ ﻭﺟﻌﻠﻨﺎ ﻣﻦ
ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ
Segala Puji bagi Allah yang telah
memberi makan dan minum kepada
kami dan menjadikan kami muslim.
Do’a Iftar (buka Puasa):
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻟﻚ ﺻﻤﺖ ﻭﺑﻚ ﺁﻣﻨﺖ ﻭﻋﻠﻰ ﺭﺯﻗﻚ
ﺃﻓﻄﺮﺕ ﺑﺮﺣﻤﺘﻚ ﻳﺎ ﺍﺭﺣﻢ ﺍﻟﺮﺣﻤﻴﻦ
Ya Allah untuk-Mu lah aku berpuasa
dan kepada-Mu lah aku beriman dan
atas rizki-Mu-lah aku berbuka, dengan
rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih
lagi Maha Penyayang

2. Do’a masuk Masjid:
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻓﺘﺢ ﻟﻰ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺭﺣﻤﺘﻚ
Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-
Mu untukku.
Do’a keluar Masjid:
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻧﻲ ﺍﺳﺄﻟﻚ ﻓﻀﻠﻚ
Ya Allah sesungguhnya aku minta
kepada-Mu dengan keutamaan-Mu.

3. Do’a masuk WC:
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻧﻲ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﺨﺒﺚ ﻭﺍﻟﺨﺒﺎﺋﺚ
Ya Allah sesungguhnya aku berlindung
kepada-Mu dari Godaan Syaiton laki-laki
dan Perempuan. (HR.Bukhari)
Do’a keluar dari WC:
ﻏﻔﺮﺍﻧﻚ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﺍﺫﻫﺐ ﻋﻨﻲ ﺍﻷﺫﻯ
ﻭﻋﺎﻓﺎﻧﻰ
Aku minta ampun kepada-Mu, segala
puji bagi Allah yang telah
menghindarkan daku dari penyakit dan
menyehatkanku.

4. Do’a sebelum tidur:
ﺑﺎﺳﻤﻚ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺃﺣﻴﺎ ﻭﺑﺄﻣﻮﺕ
Dengan namamu, aku hidup dan aku
mati.
Do,a ketika bangun tidur:
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﺣﻴﺎﻧﺎ ﺑﻌﺪﻣﺎ ﺃﻣﺎﺗﻨﺎ ﻭﺍﻟﻴﻪ
ﺍﻟﻨﺸﻮﺭ
Segala puji bagi Allah yang telah
membangunkan kami setelah kami
ditidurkan, dan kepadaNyalah kami
akan di bangkitkan.

5. Do’a ketika keluar dari rumah:
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻮﻛﻠﺖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻻﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ
ﺍﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪ
Dengan nama Allah (aku keluar) aku
bertawakkal kepadaNya, tiada daya dan
upaya kecuali dengan kekuatan Allah.
Do`a ketika masuk rumah:
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻟﺠﻨﺎ ﻭﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﺮﺟﻨﺎ ﻭﻋﻠﻲ
ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻮﻛﻠﻨﺎ
Dengan nama Allah kami masuk
(kerumah) dengan nama Allah kami
keluar (darinya) dan kepada Tuhan kami
bertawakkal.

6. Do’a ketika mendengarkan Adzan:
Seseorang untuk mendengarkan adzan
hendaklah membaca sebagaimana yang
di kumandangkan oleh muadzin, kecuali
bacaan : ﺣﻲ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ (hayya
‘alassholaah) dan ﺣﻲ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻔﻼﺡ (hayya
‘alalfalaah) maka padanya
bacalah : ﻻﺣﻮﻝ ﻭﻻﻗﻮﺓ ﺍﻻﺑﺎﻟﻠﻪ (laa haula
walaa quwwata illa billah)
Membaca shalawat kepada Nabi saw
sesudah adzan :
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺭﺏ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺍﻟﺘﺎﻣﺔ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ
ﺍﻟﻘﺎﺋﻤﺔ ﺁﺕ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﺍﻟﻮﺳﻴﻠﺔ ﻭﺍﻟﻔﻀﻴﻠﺔ
ﻭﺍﺑﻌﺜﻪ ﻣﻘﺎﻣﺎ ﻣﺤﻤﻮﺩﺍ ﺍﻟﺬﻱ ﻭﻋﺪﺗﻪ)ﺍﻧﻚ ﻻ
ﺗﺨﻠﻒ ﺍﻟﻤﻴﻌﺎﺩ )
Ya Allah, Tuhan panggilan yang
sempurna (azan) dan shalat (wajib)
yang didirikan. Berilah Al-Wasilah
(derajat di surga,yang tidak akan
diberikan selain kepada Nabi SAW). Dan
Fadhilah kepada Muhammad. Dan
bangkitkan Beliau sehingga bisa
menempati maqam terpuji yang telah
Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau
tidak menyalahi janji.

7. Do`a sebelum wudhu:
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ Dengan nama Allah (saya
berwudhu).
Do`a setelah berwudhu:
ﺍﺷﻬﺪ ﺍﻥ ﻻ ﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ
ﻭﺍﺷﻬﺪ ﺍﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﻋﺒﺪﻩ ﻭﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan
yang patut di sembah kecuali Allah yang
Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya,
dan aku bersaksi bahwa Muhammad
adalah hamba & utusanNya .
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﺟﻌﻠﻨﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻮﺍﺑﻴﻦ ﻭﺍﺟﻌﻠﻨﻰ ﻣﻦ
ﺍﻟﻤﺘﻄﻬﺮﻳﻦ
Ya Allah, jadikanlah aku termasuk
orang-orang yang bertaubat dan
jadikanlah termasuk orang-orang (yang
senang) bersuci.

8. Do’a ketika bersin:
Apabila seseorang diantara kamu
bersin hendaklah membaca : ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ
(segala puji bagi Allah), lantas saudara
atau temannya berkata : ﻳﺮﺣﻤﻚ ﺍﻟﻠﻪ
(semoga Allah memberi berkah
kepadamu), Bila saudara atau temannya
berkata demikian bacalah :
ﻳﻬﺪﻳﻜﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻳﺼﻠﺢ ﺑﺎﻟﻜﻢ (semoga Allah
memberi petunjuk kepadamu dan
memperbaiki hatimu).

9. Do’a Pelebur Dosa Majlis.
ﺳﺒﺤﻨﺎﻙ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻭﺑﺤﻤﺪﻙ ﺍﺷﻬﺪ ﺍﻥ ﻻ ﺍﻟﻪ ﺍﻻ
ﺍﻧﺖ ﺍﺳﺘﻐﻔﺮﻙ ﻭﺍﺗﻮﺏ ﺍﻟﻴﻚ
“Maha Suci Engkau, Ya Allah, aku
memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada
Tuhan kecuali Engkau, aku minta ampun
dan bertaubat kepada-Mu.

10. Do’a sebelum berhubungan suami
istri
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺟﻨﺒﻨﺎ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻭ ﺟﻨﺐ
ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻣﺎ ﺭﺯﻗﺘﻨﺎ
Dengan nama Allah. Ya Allah! Jauhkan
kami dari setan, dan jauhkan setan
untuk mengganggu apa yang Engkau
rezekikan kepada kami.

11. Doa untuk dijauhkan dari bala dan
marabahaya:
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﻀﺮ ﻣﻊ ﺍﺳﻤﻪ ﺷﺊ ﻓﻲ
ﺍﻷﺭﺽ ﻭ ﻻ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺴﻤﻴﻊ ﺍﻟﻌﻠﻴﻢ
“Dengan nama Allah yang segala
sesuatu baik di langit maupun di bumi
tidak akan memberi mudhorot (bahaya)
apa-apa selama berlindung dengan
menyebut nama-Nya

12. Doa penawar dan penyejuk hati dari
kesedihan, rasa malas, kebingungan,
ketidak mampuan, bakhil dan
keterlilitan hutang.
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﻬﻢ ﻭ ﺍﻟﺤﺰﻥ, ﻭ
ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺠﺰ ﻭ ﺍﻟﻜﺴﻞ, ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ
ﺍﻟﺠﺒﻦ ﻭ ﺍﻟﺒﺨﻞ, ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻏﻠﺒﺔ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭ
ﻗﻬﺮ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ
“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu
dari kebingungan dan keduka-citaan,
aku berlindung kepada-Mu dari sifat
lemah dan malas, aku berlindung
kepada-Mu dari sifat penakut dan
bakhil, aku berlindung kepada-Mu dari
beban hutang penindasan orang-orang.

Posted on 24 Januari 2012, in Kumpulan Do'a. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. permisi mau posting ke blog saya

Tinggalkan Balasan

